Senin, 01 April 2013 - 21:34:24 WIB
Program Wisata Rohani Pemda Wondama dipertanyakanKategori: Tipikor - Dibaca: 224 kali


Baca Juga:Terpidana Korupsi 800 Juta Serahkan DiriKehadiran KPK Dinanti Papua BaratKejaksaan Tinggi Papua Dituding Tidak Serius, Proses Hukum 44 Anggota DPR PB Mandeg41 M Dana Pemberdayaan, Mengendap di Kas Pemprov PB.

Manokwari- Teropong News, Komunitas Masyarakat Adat Papua Anti Korupsii (Kampak) menyayangkan Keberangkatan Wisata Rohani yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.

Demikian sebagaimana dikatakan Koordinator Kampak Pusat Dorus Wakum kepada koran ini Senin (1/4). Yang lebih disayangkan Dorus, keberangkatan itu diikuti oleh Kapolres Teluk Wondama AKBP Alex Korwa beserta istrinya. Tidak seharusnya Kapolres Wondama turut serta dalam Wisata Rohani ke Yerusalem ditengah maraknya kasus dugaan Korupsi di Kabupaten tersebut.

" Ada Sejumlah kasus Korupsi yang kami laporkan, semestinya Kapolres memprioritaskan penuntasanya," kata Dorus kemarin.

Ia pun mempertanyakan izin keberangkatan Kapolres Wondama dari Kapolda Papua maupun Kapolri. " Kapolri dan Kapolda Wajib mengetahui keberangkatan Kapolres. Dan seandainya Kapolri sudah memberi izin seharusnya hal itu terlebih dahulu dipertimbangkan sebelumnya, mengingat masih banyak tugas penting dibanding perjalanan Wisata Rohani," katanya.  

Tak hanya itu, Dorus pun mempertanyakan dana yang digunakan dalam keberangkatan tersebut. Dari informasi yang ia peroleh, perjalanan wisata ini belum pernah dibahas dalam rapat DPRD Teluk Wondama. " Seandainya memang hal itu sudah diputuskan di Paripurna seharusnya DPRD Maupun Pemda Wondama perhitungkan baik-baik. Masih banyak korban banjir yang belum menempati Huntap, karena huntap belum tuntas," tuturnya.

Seharusnya lanjut Dorus, pemda Wondama lebih memprioritaskan Penanganan pasca banjir dibanding berwisata rohani yang hanya di ikutii oleh segelintir orang. " Ada ratusan warga korban banjir yang masih trauma akibat kejadian itu. Rasa kemanusiaan pejabat Wondama seharusnya bisa melihat itu," ujarnya lagi.  

Terpisah Asisten 1 Bupati Wondama Eduard Nonaki yang dikonfirmasi koran ini mengungkap, Wisata Rohani itu merupakan program kerja pemerintah Kab. Teluk Wondama, sesuai Visi dan misi pemerintah Kab Teluk Wondama. " ada 8 program prioritas salah satunya wisata rohani yang merupakan pengejawentahan dari progrm pembinaan iman kepercyaan. Karena berkaitan dengan pembangunan iman dan sumber daya manusia sehingga perlu mendapat prioritas utama," tuturnya

wisata rohani lanjut Edu panggilan akrab Eduard, bukan untuk jalan-jalan, tetapi itu program kerja keagamaan dan spiritual Pemkab Wondam dalam rangka pembebasan menuju keselamatan. Selian Wisata Rohani ke Yerussalam bagi umat Kristiani Pemda Wondama Pun penyiapkan program pembangan iman bagi umat muslim di Wondama yakni naik haji.

Program ini lanjut Edu, merupakan Program Pemda wondama Pada Tahun anggaran 2013. Hal ini pun katanya, sudah melalui Pembahawan di Rapat Paripurna DPRD." Sudah di bahas dalam sidang RAPBD 2013, dan telah disahkan menjadi APBD 2013," paparnya lagi.

Ia pun menyebut, Rombongan wisata rohani yang ikut serta sebanyak 22 org yang merupakan hamba tuhan yang ada di Kabupaten Wondama. Ia pun membenarkan,  2 dari 22 orang yang turut serta dalam acara peribadatan itu adalah AKBP Alex Korwa beserta Istrinya yg adalah warga GKI di Wondama. Dana yang digunakan dalam keberangakatan ini kata Edu, kurang lebih sebesar Rp.1,3 Milyar. Dan rombongan berada di israel Selama 12 hari, yang saat ini sudah kurang lebih 1 minggu disana.   

Ditegaskan, keikut sertaan Alex Korwa pada keberangkatan ini bukan atas kapasitasnya sebagai Kapolres Wondama namun sebagai warga GKI selaku hamba Tuhan yg kebetulan melaksanakan tugas sebagai Kapolres di. Wondama.

"Mohon dipisahkan antaranya pribadi dan kapasitas beliau sebagai Kapolres. beliau berangkat dalam kapasitas sebagai warga gereja, jadi harus bedakan antara Bapak Alex Korwa beserta isteri secara pribadi dengan jabatanya," tandasnya (ELO)


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama
:
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode di atas,
kemudian klik tombol KIRIM, cukup sekali.)
Cek komentar Anda di halaman depan.

 



TerpopulerBeredar Foto Bugil Mirip Oknum DPRD Sulut (2036)Sex, Life, and Novel dari Sophia (Latjuba) Mueller (1292)Teropong News Hadir di Sorong (1214)Bangga Dekat Orang Papua (944) 1 Januari 2013, UMP Provinsi Papua Barat Naik hampir 2 Juta (830)Penentuan Nama Caleg DPR-RI Partai Demokrat Tahun 2014 , Kewenangan Majelis Tinggi (826)Ancam Wartawan ,Ketua DPRD R4 Diadukan ke AJI, PWI Dan ASPRI (753)A.Faris Umlati Masih Yang Terbaik di DPC Demokrat R4 (646)Tuntut Ganti Rugi, SMP Negeri 6 Dipalang (622)Tuntut UMP, 37 Karyawan Adukan PT. PDKA ke Disnaker (613) KASUSSoal Parpol Lurah Klawasi Tahan Raskin Warga RT 03/RW 07 Sorong, Teropong News -  Diduga persoalan Partai Politik dalam Pemilihan Calon Anggota Leslatif ...


LAKI Minta Kasus Batanta Ekspres Segera DituntaskanTerbakarnya Kantor Wali Kota Belum ada Titik Terang Pihak kepolisian diharapkan jangan lagi saling lOknum Polisi Larang Wartawan Metro Tv Liput Pemeriksaan LSLAKI Dukung Kejagung Proses Bupati R4KorupsiPLTD Raja Ampat : Setelah PT, Bakal Ada Tersangka BaruSi Jago Merah Lahap Habis Empat Ruko Briptu YN Bisa Dikenakan Pasal Berlapis
Laporan KhususWali Kota Bandung Bangun Rumah Honai Di Wamena Jayapura, Teropong News - Terkait akan dicanangkan rumah adat honai di Wamena yang akan dijadikan sebagai ...


Dana Pengamanan Pemilu Polres Sorong Kota Sebesar 2,4 MPolres Sorong Kota Gelar Simulasi Pengamanan Jelang Sidang Putusang LSWakapolda Papua Gelar Rapat Tertutup di Polres Sorong Kota soal Sidang Putusan LS KPU-Panwas “Warning” Caleg dan ParpolBeritakan Kasus Korupsi, SMS Gelap Ancam Media Di Sorong Bupati Maybrat Harus Tunduk Pada Amanat UU No 32 Tahun 2004PT. BKI Dituding ‘Ikut Main’ Tolak Ganti Rugi